Trilogy Rojak

Hari ini gue ada kelas sape jam 11 siang. trus makan di hegar.. dan balik ke apartemen. ganti baju… trus ngeliat buku ‘ROJAK’ nya Fira Basuki di meja yang ada disamping ranjang yang belum tersentuh dari kemaren… (hi hi gw pengagum tulisan2 nya firabas! 🙂 ) karena penasaran ma yg ini, maka gue langsung baca sembari pasang headset diiringi lagu2 yg diputer ma ‘si item’. ga nyangka gue bisa selesein tuh buku dalam waktu 5 jam. tuntas!

keren banget ceritanya. pernah denger cerita tentang seorang majikan di Singapore yang menyiram pembantunya (TKW Indonesia) pake air panas dan akhirnya masuk penjara? nah Rojak ini cerita tentang itu… pokoknya manis, asam, asin , pahit, pedas yang dialami Janice (majikan warga Singapura tsb) sehingga seolah-olah seperti rojak (Rujak).

ada beberapa kutipan bahasa asing dalam buku ini yang bagi gue ini paling tidak bisa dijadiin pelajaran atau untuk bahan renungan. diantaranya:

1. Mai hiam buay pai, ai hiam kena sai

→ (jika kamu tidak banyak menuntut, segalanya akan berjalan lancar)

ini merupakan kutipan dari bahasa Hokkien yaitu bahasa cina yang digunakan sebagian masyarakat turunan thionghoa di Singapore. berhubung settingan cerita trilogi ini disana. dari kutipan ini gue jadi inget beberapa temen gue yang klo pacaran, mereka selalu mempermasalahkan ‘tuntutan’ yang berlebihan dalam rumah tangga mereka. mereka suka curhat ke gue gini :

“xan… emang gue tuh orang nya banyak nuntutnya yah? habis masak XXX (pacarnya) bilang dia merasa bosen dengan gw yang selalu menuntut dia harus gini harus gitu… padahal maksud gue kan baik xan …. ” (temen gue yang ga nyadar2… klo emang suka ngatur2 n ga bisa nerima pacarnya apa adanya… semua harus berjalan seperti yang dia inginkan)

atau yang lain curhatannya gini :

“bete deh xan… masa… ini ga bole, itu ga bole, banyak nuntutnya! bete gue, mending putus ajah! ” (hhmmmmm… ribetnya pacaran….)

nah kadang mungkin gue juga ga muna… suka banyak nuntut juga dalam beberapa hal… (kadang klo naik mobil pelan pingin cepet… klo ngebut mabok ngomel2… hhmmm emang dasar ga sabaran!) yang akhirnya justru bikin rugi guenya sendiri. dari buku ini gue dapat pelajaran untuk bisa lebih nerimo (karena terkadang segala sesuatu itu tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. dan terkadang dengan menjunjung tinggi label perfectionistme kita lupa bahwa setiap orang itu punya kapasitas dan keterbatasan).

2. Nek wong jawa wedhok, urip matine kanggo bojone, anake, ngangkat derajat bojo lan keluargane, utamane bekti kato wong tuwa

→ (perempuan jawa hidup matinya cuma untuk suami, anak, menjunjung tinggi nama suami dan keluarganya, terutama berbakti kepada orang tua)

dari sini gue jadi berpikir lagi akan pendamping hidup nanti (siapa-lah itu).mungkinkah gue bisa dapet istri yang seperti itu? ga harus jawa sih…. (malah klo bisa engga!).. tapi bagi gue yang namanya semua istri emang harus gitu. mau jawa… sunda.. betawi… manado… minang… timika.. india…bahkan afrika selatan sekalipun. harus bisa mengabdi kepada suami, mbesarin anak2 gue dg bener, juga bisa nerima & bergaul dg keluarga gue. amien… (gusti Allah… berilah aku jodoh yang terbaik ya Allah)

3. Yang er fang lao, ji gu fang ji

→ (anak adalah harta terpenting seorang ibu, dan tentu saja sebaliknya)

mom…. thanks for everything that you do it for me. mom selalu ngerti apa isi hati ku… mom selalu bisa nyelesai-in dengan cepat segala masalah yang timbul akibat ulah bodoh ku…. mom selalu hadir disaat aku butuh mom… kapan aku bisa membahagiakanmu….

i love u mom….

hiks… hiks…

for all…. thanks mba fira… atas inspirasinya!

(gusti Allah… matur sembah nuwun atas segala pelajaran hidup ini… lindungilah keluargaku dari penyakit dan segala macam bencana…. berilah kesehatan, rejeki, dan kebahagian untuk kedua orang tua ku…. amien)

Iklan

Ditulis dalam Blog

Permalink 5 Komentar

5 responses to “Trilogy Rojak

  1. nes

    hmmmm….curhatan sapa tuh xan…
    wakakakaka:-)

  2. nes

    oiy..ngmong2 kn jdulny trilogy tuh….
    yg ixan bca bku sabaraha ie?

  3. 2ykl1df-xxkwuml-tw6q2c07-0 http://urlser.com/?nm4rK#1
    auto insurance quotes
    [url=http://urlser.com/?DYEVZ#3]insurance quotes[/url]
    [url]http://online-gambling-mo.lookera.net#4[/url]
    [http://urlser.com/?qbKvI#5 health insurance]
    “cheap auto insurance”:http://urlser.com/?nm4rK#6
    [LINK http://urlser.com/?xFj4E#7%5Dinsurance%5B/LINK%5D
    [img]http://victor.freewebhostingpro.com/1.php[/img]

  4. mqy8bsh-hx3dhsl-tw6q2c07-0 http://urlser.com/?e64r6#1
    auto insurance quotes
    [url=http://urlser.com/?boo2X#3]life insurance[/url]
    [url]http://online-gambling-mo.lookera.net#4[/url]
    [http://urlser.com/?DYEVZ#5 insurance quotes]
    “black jack”:http://black-jack-mo.lookera.net#6
    [LINK http://urlser.com/?qbKvI#7%5Dhealth insurance[/LINK]
    [img]http://victor.freewebhostingpro.com/1.php[/img]

  5. 860g6uk-xz4420c-tw6q2c07-0 http://online-poker-mo.lookera.net#1
    car insurance quotes
    [url=http://urlser.com/?qbKvI#3]health insurance[/url]
    [url]http://urlser.com/?e64r6#4[/url]
    [http://urlser.com/?qbKvI#5 health insurance]
    “free poker”:http://free-poker-mo.lookera.net#6
    [LINK http://urlser.com/?5Nnno#7%5Dprogressive insurance[/LINK]
    [img]http://victor.freewebhostingpro.com/1.php[/img]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

what date is today?

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

My Twitter

Blog ini telah dikunjungi

  • 25,459 pengunjung

kamera... chiiizzz!!!

%d blogger menyukai ini: