“aku ini normal! Nggak ada yang salah dengan ku! ”

Namanya Alan… 22 tahun… bekerja sebagai seorang penyiar radio swasta di kota ini. Hidup biasa seperti manusia pada umumnya, alan tidak tampak terlalu special dan cenderung tidak mencolok. Tapi kenapa rata-rata setiap orang yang bertemu dengannya selalu bertanya tentang masa lalu Alan. Masa lalu dari zaman kecilnya Alan. Dan jika pertanyaan-pertanyaan seperti ini telah keluar dari mulut orang lain, alan pun sudah dapat menerka ke arah mana pertanyaan tersebut.

Vice president radio : “Lan… dulu waktu kecil sekolah dimana?”

Alan : “maksud bapak?”

Vice president radio : “SD, SMP, SMA dimana?”

Alan : “oh…. saya SD di SD Kartika 2 Yogyakarta pak, SMP 12 Yogyakarta, dan SMA disini pak di SMA BPI

Vice president radio : ” oh…. dulu waktu sekolah sering ikut kegiatan-kegiatan kesenian?”

Dari pertanyaan ini jantung Alan berhenti berdetak, seolah-olah mendapatkan pertanyaan paling susah di dunia. Padahal … ini bukan pertanyaan yang pertama kali Alan dapatkan dari orang yang pernah bertanya padanya.

Sebenarnya Alan sudah tahu kemana arah pembicaraan itu, hanya saja karena alasan hormat pada atasan, sebisa mungkin Alan menjawab dengan bijak. Pertanyaan seperti itu memang sudah sering… bahkan terlalu sering datang pada Alan dari setiap orang yang baru kenal dengannya.

Alan semakin jadi bertanya-tanya, ada apa yang salah dengan ku? Apakah aku tidak seperti laki-laki lainnya? Sampai-sampai orang-orang selalu menanyakan masa kecilku. Ngga ada yang salah tuh dengan masa kecilku. Toh… aku memang tidak pernah ikut yang namanya ekstrakulikuler tari-tarian di waktu SD, menyanyi, apalagi peragaan busana (fashion show) seperti yang diduga orang-orang itu. Tapi… ada apa dengan ku? Berbedakah aku dari teman-teman lelakiku yang lainnya? Sampai-sampai setiap orang yang baru mengenalku selalu bertanya seperti itu?

Aku tidak mengerti bagaimana perawakanku di mata orang-orang. Karena hanya orang lain yang bisa memberikan penilaian. Aku memang tidak menyukai hal-hal yang berbau kekerasan. Tapi se’melambai’nya kah diriku? Sampai –sampai semua orang seolah-olah memberikan pernyataan tersebut melalui pernyataan-pernyataannya.

Seperti inilah saat-saat yang paling dibenci Alan. Saat-saat dimana seolah-olah kreativitas seorang anak manusia menjadi hancur hanya karena faktor ‘perawakan’ seseorang. Alan seakan-akan ingin mengatakan kepada tiap orang yang ditemuinya:

aku ini normal! Nggak ada yang salah dengan ku!“.

Tapi apa daya, toh justru akan memperkeruh suasana. Jika sudah begini Alan hanya bisa meratapi diri. Menyalahkan diri dan berdialog sendiri dengan kata hati. Ada apa dengan aku? Segitu nya kah aku? Apa yang salah dengan ku?

Tapi kini Alan sedang tertawa manis sendirian di sudut ruangan itu, dengan berpakaian rapi, kemeja dan setelan jas dengan warna senada dengan celana bahannya, ditambah dasi biru bermotif garis-garis diagonal serta tidak lupa sedikit hiasan lipatan kain di saku bagian dada kiri jasnya. Alan tampak rapih dan gentle sekali. Di sebuah bangunan ber-cat putih gading yang catnya telah mengelupas disana-sini. Di jalan Riau 11, Bandung. Ku cermati ulang tulisan yang tertera di gerbang masuk bangunan ini, RUMAH SAKIT JIWA KOTA BANDUNG.

Menurut penuturan salah satu dari perawat rumah sakit, Alan sudah hampir dua tahun disini. Stress berat menimpanya, akibat pertanyaan-pertanyaan yang tidak kunjung terjawab. Bahkan sesekali semabari tersenyum dan tertawa-tawa kecil, Alan suka mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan aneh kepada para perawat yang sedang memeriksa kesehatan hariannya.

“suster… suster dulu sekolah dimana?”

“SD dimana? SMP dimana? SMA dimana?”

“suster sering ikut kegiatan-kegiatan kesenian?”

~Buat seseorang pasien RSJ yang sedang tersenyum pada-ku ~

Iklan

Ditulis dalam cerpen

Permalink 2 Komentar

2 responses to ““aku ini normal! Nggak ada yang salah dengan ku! ”

  1. zita

    xan aku dulu waktu Sd sekolah di St.Angela’s Ursuline, Jl Merdeka 24 Bdg. Smp juga, Sma di SMAN 5 Bdg. Trus kegiatannya pramuka, bulutangkis, basket, english club, mandarin club, dll banyak.

    ixan..ixan dulu sekolah dimana?
    SD dimana? SMP dimana? SMA dimana?”
    “ixan sering ikut kegiatan-kegiatan kesenian?”

    huehueheuheu… ikuta2an gila juga.

  2. @ zita
    dasarrrrrrrrrrr………… wong gendheng!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

what date is today?

Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

My Twitter

Blog ini telah dikunjungi

  • 25,459 pengunjung

kamera... chiiizzz!!!

%d blogger menyukai ini: